HANYA DENGAN JANGKRIK,,KITA BISA MENGETAHUI BERAPA TEMPERATUR DI SEKITAR KITA...

Sebelumnya saya minta maaf atas vakum nya postingan selama beberapa minggu ini,,,yah makum aja yang ngelola blog lagi UAS,,hehe”..tapi sekarang UAS sudah berlalu,,tinggal menunggu hasil,,doakan saya ya smwnya supaya hasil UAS nya bagus,,amiin..

Okeh balik lagi kejudul,,kalian smwa pasti sudah tau jangkrik kan? (klo blm tau kelaut aj!!!),,ya binatang yang satu ini ternyata bisa kita dijadikan termometer untuk mengukur suhu sekitar kita lho,,pertama akan saya jelaskan dulu,,jangkrik merupakan satwa berdarah dingin,,dan semua satwa berdarah dingin menjalankan fungsi tubuh mereka lebih cepat pada temperatur lebih tinggi,,gak percaya? Bandingin aj seberapa cepat semut berlari antara cuaca dingin dah cuaca panas..nah lain semut lain jangkrik,,derik jangkrik dirancang oleh hukum alam untuk menyesuaikan diri secara langsung dengan temperatur.untuk memahami pesan mereka,,kita tinggal memakai rumus untuk menterjemahkannya..

Cara terbaik mengukur temperatur ala jangkrik adalah mendengarkan sejenis jangkrik pohon asal Amerika Utara,,tapi klo ga ada jangan sedih,jangan nangis dan jangan yang aneh2,,sebab jangkrik manapun
umumnya berderik dengan irama yang kurang lebih sama.

Berikut ini cara mengukur temperaturnya,,hanya dengan mendengarkan derik jangkrik itu sendiri,,hitung derik jangkrik itu selama lima belas detik,,kemudian tambahkan dengan empat puluh,,kita akan memperoleh temperatur dalam derajat fahrenheit. Tapi itu kan dalam fahrenheit,,gmn klo celcius? Saya yakin pasti yang baca dah pada lupa ma rumus kya gtuan,,haha”..tapi gak usah pake rumus deh,,kita cukup menghitung derik jangkrik selama delapan detik,kemudian menambahkannya dengan lima,,dapet dah tu temperatur dalam celcius..(mantab kan!!!)

Oya,,tapi perlu diingat,,jangkrik hanya menyiarkan laporan temperaturnya hanya untuk tempat dimana ia sedang berderik. Jadi kecuali kita sedang berada di kebun atau pekarangan rumah,,temperatur sekitar kita mungkin berbeda dengan temperatur yang dikasih tau jangrik..ok!!


Artikel Terkait



Comments :

5 komentar to “HANYA DENGAN JANGKRIK,,KITA BISA MENGETAHUI BERAPA TEMPERATUR DI SEKITAR KITA...”
bowo mengatakan...
on 

yah, di kota kayak jakarta bgene mana ada jangkrik yang hidup.....

paling kebanyakan bwat aduan.....

kir31 mengatakan...
on 

yah kan di jatner banyak,,,

trus di dkt 31 ada pasar jangkrik lagi susah amat...wkwkwkwk...

Anonim mengatakan...
on 

humm humm... jangkrik bisa menggantikan peran termometer di rumah... bagus dah g usah beli termometer, beli jangkrik aja cukup deh

DEVIL DIVINITY mengatakan...
on 

Gambarnya kq kayak ORONG ORONG yak??

Ronaldo Rozalino mengatakan...
on 

Wah hebat ya jangkrik itu ya

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
Jalani hidup ini apa adanya saja Lah,,gag usah ribed",,hhe but hAsilkan yang terbaik,, yudhi_XIII

Komentar Sahabat...