103 Tahun Penemuan E=MC2,,, Terbukti Benar...

PARIS - Sudah lebih dari satu abad sejak dikemukakannya formula e=mc2 dari Einstein dan ternyata formula tersebut terbukti benar berkat adanya kolaborasi komputasi dari ilmuwan Perancis, Jerman dan Hungaria.

Konsorsium ilmuwan yang dipimpin oleh Laurent Lellouch dari Pusat Teori Fisika Perancis berhasil menemukan kalkulasi untuk mengestimasi massa proton dan neutron, partikel terkecil dari atom, dengan bantuan teknologi superkomputer.



Menurut model konvensional dari partikel fisika, proton dan neutron
terdiri dari partikel kecil bernama Quarks, yang diikat dengan materi bernama Gluons. Anehnya, massa Gluons dideteksi berjumlah nol dan kumpulan quarks hanya berjumlah lima persen. Lalu, kemanakah 95 persen lainnya?



Berdasa
rkan hasil studi yang disampaikan pada Journal Science Amerika menyatakan bahwa massa 95 persen tersebut berasal dari energi yang datang dari gerakan dan interaksi milik quark dan Gluon. Dengan kata lain, energi dan massa adalah sepadan, sama dengan teori Relativitas milik Einstein yang mencuat pada tahun 1905.



Formula e=mc2 menunjukkan bahwa massa dapat dikonversikan menjadi energi, dan begitu juga sebaliknya.

"Hingga sekarang, formula ini hanyalah sekedar hipotesis. Dan saat ini formula tersebut telah terbukti keampuhannya untuk pertama kali," ujar juru bicara Pusat Teori Fisika Perancis, seperti dikutip melalui AFP, Jumat (21/11/2008).

Artikel Terkait



Comments :

2 komentar to “103 Tahun Penemuan E=MC2,,, Terbukti Benar...”
vii mengatakan...
on 

wah sekarang kembarannya einsten ada ga y?
hahaha"
mw liat aslinya..

The_JaeV mengatakan...
on 

Wah hebat,,

y ilmuwan fisika..

pengen Seperti mereka..

salam knal...

Postingannya menerik..

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
Jalani hidup ini apa adanya saja Lah,,gag usah ribed",,hhe but hAsilkan yang terbaik,, yudhi_XIII

Komentar Sahabat...