Percobaan Fisika | Memanaskan Air Dengan Gelas Plastik

Membaca judulnya memanaskan air dengan gelas plastik kamu pasti bingung. Bukankah benda plastik apabila terkena api atau dibakar akan meleleh? Ternyata jika kita mencoba memanaskan air dengan menggunakan gelas plastik, gelas plastik tersebut tidak meleleh. Gak percaya? Lakukan aja percobaan dibawah ini.





Alat dan bahan :
Air mineral
Gelas plastik
Korek api

Langkah percobaan :
1.Dengan alat dan bahan yang tersedia, kita panaskan air (terserah bagaimana caranya).
2.Tetapi selama pemanasan, air tidak boleh dipindahkan dari gelas plastik tsb.

Pasti hasilnya gelas plastik tersebut tidak meleleh, tetapi air menjadi panas. Kenapa bisa terjadi demikian, kita lihat penjelasannya.

Pada saat kita memanaskan langsung gelas berisi air mineral (seperti memasak dengan panci). Kalor mengalir dari sumber panas melintasi permukaan gelas dan diteruskan ke air. Namun, bukannya gelas meleleh karena panas yang ditimbulkan, justru air yang malah menjadi panas. Lalu kenapa hal ini terjadi? Dalam kasus gelas plastik kosong, panas yang diberikan akan langsung melelehkanya jika suhunya melebihi ambang tiitk leleh plastik. Namun ketika dalam gelas diisi air, kalor yang seharusnya melelehkan plastik dihantarkan ke air. Secara skematis, alur penghantaran panas dapat dilihat pada gambar.



Kalor dihantarkan oleh permukaan gelas ke air, dan kalor ini dimanfaatkan untuk memanaskan air. Karena kalor jenis air tinggi, waktu yang dibutuhkan untuk memanskan sampi suhu yang mampu melelehkan plastik cukup lama, akibatnya gelas plastik lebih tahan lama tanpa meleleh.


Artikel Terkait



Comments :

11 komentar to “Percobaan Fisika | Memanaskan Air Dengan Gelas Plastik”
Nugraha mengatakan...
on 

Oo begitu toh.. Ngerti pak guru....:)

bay mengatakan...
on 

keren...keren... infonya

NURA mengatakan...
on 

salam sobat
nice info
heran kok bisa ya memanaskan air dengan gelas plastik...ngga meleleh ?

osi mengatakan...
on 

Hebat infonya....

Jadi pingin demo di depan adik2 aku...

Terima kasih artikelnnya buat aku bertambah wawasan

IHSAN mengatakan...
on 

ekperimen fisika ya

wah lama sekali saya tidak bermain ekperimen fisika

Fisika mengatakan...
on 

terimakasih, sambil browsing, membaca, tambah ilmu, tambah pengalaman berbagi yg belum kita ketahui.. salam kenal :) semoga banyak fisikawan tercipta dari cara seperti ini.

Menarik, sempet beberapa kali bolak balik kesini, dan akhirnya saya putuskan untuk membookmark link ini :)

nina hafez mengatakan...
on 

eksperimen sederhana yang memukau, fantastik!

Anonim mengatakan...
on 

keren...???

dini mengatakan...
on 

gelas plastiknya pake yang kaya aqua. atau gelas plastik biasa yang ada dirumah???

Nurrohh mengatakan...
on 

Ohh iyya ..
Q udah mudeng ..

fay zanesa mengatakan...
on 

ooooo... ya ya

Poskan Komentar

 

About Me

Foto Saya
Jalani hidup ini apa adanya saja Lah,,gag usah ribed",,hhe but hAsilkan yang terbaik,, yudhi_XIII

Komentar Sahabat...