Tips Untuk Berhenti Merokok

Bagi orang yang sudah kecanduan merokok, akan sangat sulit sekali untuk meninggalkan kebiasaannya tersebut. Dan sebenarnya orang yang merokok itu mengetahui bahwa merokok itu dapat membahayakan kesehatan dirinya bahkan orang lain. Yang pasti untuk anda yang ingin berhenti merokok, anda harus memiliki niat yang sangat kuat dengan tujuan yang kuat juga untuk konsisten berhenti merokok. Berikut ini ada beberapa tips untuk berhenti merokok :






1. Dapatkan dukungan
Katakan pada keluarga dan teman-teman bahwa Anda berniat keluar dari jeratan asap rokok. Dukungan dari mereka akan meningkatkan semangat Anda. Bila perlu untuk sementara Anda tidak bergabung dulu dengan teman-teman perokok.

2. Atur stres
Salah satu alasan orang untuk merokok adalah nikotin membantu mereka lebih rileks. Bila Anda berhenti dari rokok, maka Anda butuh pelarian lain untuk menghadapi stres. Mencoba pijat, mendengarkan musik, atau mendalami hobi, bisa jadi pelarian yang bersifat positif. Hindari situasi yang menimbulkan stres beberapa minggu pertama setelah Anda berhenti merokok.

3. Hindari kopi
Beberapa aktivitas bisa mendorong Anda untuk merokok. Alkohol dan kopi adalah pemicu yang paling kuat untuk merokok. Bila biasanya Anda merokok setelah makan, kini cobalah kegiatan lain, seperti menyikat gigi atau mengunyah permen.

4. Berolahraga
Ayo bergerak. Kegiatan olahraga bisa menurunkan ketergantungan pada nikotin dan menghilangkan gejala-gejala kecanduan, seperti rasa lemas dan pusing. Bahkan olahraga yang bersifat ringan, seperti berjalan kaki atau memotong rumput taman, sudah cukup membantu lho.

5. Konsumsi sayur dan buah
Sebaiknya jangan melakukan diet saat Anda ingin berhenti merokok. Bila Anda takut badan akan melar, fokuslah pada makanan rendah kalori seperti buah dan sayur. Penelitian yang dilakukan di Duke University menyebutkan makanan-makanan tersebut akan membuat rokok terasa tidak enak.

6. Pilih hadiah
Jangan pelit menghadiahi diri sendiri. Anda bisa mengumpulkan uang "jatah" rokok untuk dibelikan barang yang sudah lama diidamkan sebagai ganjaran atas kesuksesan Anda tidak merokok.

7. Terapi farmakologi
Kadangkala, gagalnya usaha berhenti merokok bukan karena tak adanya upaya, tetapi rangsangan otak yang telah tercemar nikotin bersifat lebih kuat dan memengaruhi seseorang untuk terus merokok. Untuk mengatasinya, lakukan terapi farmakologi dengan obat non nikotin untuk menghentikan gejaka ketagihan (craving) pada nikotin. Mintalah dokter untuk meresepkan.

8. Lakukan untuk kesehatan
Tahukah Anda, begitu kita berhenti merokok, banyak keuntungan kesehatan yang bisa diraih. 20 menit setelah berhenti merokok, tekanan darah akan turun. Satu hari kemudian kadar oksigen dan karbon monoksida dalam darah kembali normal dan risiko terkena serangan jantung berkurang. Dalam jangka panjang, risiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, dan kanker paru, juga ikut berkurang.

Semoga semua orang yang merokok sadar akan bahayanya bagi dirinya, keluarga dan orang lain serta mau agar berhenti merokok.

Artikel Terkait



Comments :

11 komentar to “Tips Untuk Berhenti Merokok”
Office 2010 mengatakan...
on 

Waah membantu sekali tips-tipsnya. Untungnya saya tidak merokok. Oh ya kalau boleh saya tambahkan, ada alternatif lain lho. Kalau masih saja tdk bisa berhenti merokok, cobalah rokok herbal (bukan promosi lho, krn sy sendiri bukan penggunanya,hanya mencoba sekali). Rokok ini malah bagus buat kesehatan, sudah di uji di lab. Asapnya bisa ditelan, dan membersihkan paru-paru. Terbuat dari campuran daun sirih, kayu siwak dan bahan2 lainnya.

Marcelo Ximenes mengatakan...
on 

VISIT : http://radionovafriburgoam.blogspot.com/

Macam2 Info mengatakan...
on 

berbagai cara udah di lakukan,tapi tetep susah banget buat berhenti total...

Luthfi Fuadi Majid mengatakan...
on 

hebat nich artikelnya....

Salam kenal ya,..
saya akan menjadi pengunjung tetap blog ini dech...

Salam Sukses,
Ada Info Terbaru Dari saya mampir ya...ditunggu komentarnya
Luthfi Fuadi Majid

~noe~ mengatakan...
on 

tipsnya mantabs, bro.
tapi diriku masih butuh "tips membaca tips berhenti merokok".
soale begitu melihat postingannya tentang tips berhenti merokok, otakku menyuruh membaca cepat.
set... set...
ndak ada yang masuk ke otak :-D
sugesti rokok memang luar biasa...

akhatam mengatakan...
on 

Info bagus tu... yang sering ngerokok biar berhenti, biar nggak jantungan... hehehe

Unknown mengatakan...
on 

Good post sob,,tp gw bukan perokok..hehehe

 
kunjung balik ya di

Free Facebook Layout 
Naikan traffic dgn promosi blog lewat facebook 
Cara Memasang flash label di blog
 
 
Jangan lupa ngomentnya xeps...!!!
 
________________________________________________________________________
Download segera software ini asyik di pake bwt nge-NET  

Flash LIve USB 1.2 

Nantikan Versi Selanjutnya....!

ocim mengatakan...
on 

saya jg mo bhenti ngerokok nih , tp godaan nya minta ampun dah

Robby mengatakan...
on 

Saya gk ngerokok, pengennya ngerokok tapi klo grerokok ko' gk enak ya.....Klo bisa buat tips "agar ngerokok enak gmana caranya...?

NURA mengatakan...
on 

salam sobat,,info siip..
semoga tips sobat ini bisa menyadarkan orang untuk berhenti merokok,,dan hidup bebas asap rokok.

Technology and Computers mengatakan...
on 

Tips yg mendidik dan informatif....very very good....

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
Jalani hidup ini apa adanya saja Lah,,gag usah ribed",,hhe but hAsilkan yang terbaik,, yudhi_XIII

Komentar Sahabat...