Ilmuwan IPB Menghasilkan Telur Rendah Kolesterol

telur Peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan teknologi penghasil telur tinggi DHA rendah kolesterol. Yakni, dengan memberi pakan ayam dengan suplemen omega-3 yang berasal dari limbah perebusan ikan sardin dan ampas tahu.

"Teknologinya sederhana. Kami hanya memanipulasi pakan yang diberikan pada ayam petelur dengan suplemen omega-3 selama tiga minggu berturut-turut," kata Prof Dr Ir Iman Rahayu Hidayati Susanto MS, di Kampus IPB  Baranagsiang, Bogor.

Guru besar pakar unggas tersebut,  melakukan penelitiannya bersama Dr Komari, dari Litbang Gizi Departemen Kesehatan Bogor, pada tahun 2005. Formula supleman omega-3 khusus untuk  ayam petelur itu, kini sudah memiliki sertifikat paten dengan nomor  P 0023652.

Supleman omega-3  tersebut, berbahan baku limbah rebusan ikan sardin dan ampas tahu kering. Limbah itu diemulsi dan dispersikan menjadi  ekstrak lemak pekat. Lalu, ekstrak tersebut dicampur ampas tahu yang sudah dihaluskan. Perbandingannya, 1:1.

Dipilih limbah rebusan ikan sardin karena hasil penelitian meninjukan limbah tersebut banyak mengandung omega-3, 6, dan 9 dan kualitasnya lebih bagus dibanding sumber omega-3 dari tumbuhan.

"Suplemen omega tersebut dicampurkan dalam pakan komersial ayam petelur dengan konsentrasi lima sampai sepuluh persen. Pencampurannya dengan cara disemprot atau diaduk," ungkap Iman Rahayu.

Dengan konsentrasi sebesar itu, jumlah asam lemak omega-3 dalam telur meningkat 10 kali dibanding telur ayam biasa. Seratus gram telur ayam dari ayam berpakan suplemen omega-3 mengandung 2.816 miligram DHA (docosahexaenoic acid), sedangkan 100 gram telur ayam biasa hanya mengandung  239 miligram DHA.

Kandungan kolesterol telur ayam berpakan suplemen omega-3 pun lebih rendah 50 persen (147 miligram)  dari telur biasa (295 miligram).

Telur ayam kaya omega-3 pun, kuning telurnya lebih pekat warnanya. Selaput kuning telurnya juga lebih tebal dan dapat bertahan diudara tanpa pecah selama 10 sampai 15 menit.

"Ini tentu disukai konsumen atau produsen makanan atau kue tertentu, yang memang sangat membutuhkan warna kuning telur yang pekat atau lebih gelap untuk memperindah penampilan makanan atau kuenya," kata Iman Rahayu.

Telur ini juga kalau diceplok  dibuat telur mata sapi, kuning telurnya akan berada ditengah dan tetap bulat. "Itu karena tebalnya selaput kuning telurnya," tambahnya.

Lebih lanjut Iman Rahayu  mengatakan suplemen omega-3  itu  akan diproduksi dan dipakai unit usaha dan bisnis IPB, yang  saat ini tengah menyiapkan perternakan  ayamnya. Telurnya akan dijual ke masyarakat dengan kemungkinan merek dagang adalah "Telur Omega-3 IPB". 

Selanjutnya, IPB juga akan memperbanyak produksi suplemen omega-3 khusus untuk pakan ayam petelur tersebut, yang siap pakai, untuk dijual kepada umum.

"Kami juga ingin menawarkan formula suplemen tersebut kepada industri perternakan. Bisnis telur kualitas prima (mengandung Omega-3) sangat menjanjikan.   Telur ayam biasa  saat ini Rp 700 sampai Rp 750 per butir, telur beromega-3  harganya Rp 1.500 samapi Rp 2.100 per butir," kata Iman Rahayu.

Artikel Terkait



Comments :

1
v2 mengatakan...
on 

Artikel yang menarik...tapi harga telurnya masih mahal...untuk mahasiswa masih berpikir 2 kali untuk mengkonsumsi telur itu. he....

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
Jalani hidup ini apa adanya saja Lah,,gag usah ribed",,hhe but hAsilkan yang terbaik,, yudhi_XIII

Komentar Sahabat...