Tips Cara Merawat Laptop / Notebook Supaya Awet

laptop Merawat laptop atau notebook harus menjadi perhatian utama, khususnya jika notebook atau laptop itu sering dibawa ke mana-mana. Bagaimana agar laptop kita agar selalu bekerja optimal dan tetap awet ?

Berikut beberapa tips sederhana dalam merawat dan menghindarkan laptop Anda dari kerusakan dini sekaligus menambah umur laptop atau notebook Anda :

1. Jangan menaruh laptop dekat minuman
u/ mengurangi kemungkinan tersenggol atau tindakan ceroboh lainnya, ketika menggunakan laptop jgn menaruhnya di dekat minuman ataupun segala macam cairan. jika hal tsb tjd cepat2lah cabut adaptor & lepaskan baterai, bongkar laptop lalu diamkan hingga benar2 kering.

2. Jangan menaruh handphone dekat dengan laptop
Peralatan elektronik spt HP, TV, atau speaker aktif mengeluarkan medan magnet. Medan magnet ini akan mempengaruhi kerja komponen laptop terutama harddisk. untuk melindungi data yg ada di dlmnya, jgn menaruh laptop berdekatan dg sumber medan magnet tsb. seandainya ingin digunakan sebaiknya hp diletakkan 15-20 cm dari laptop.

3. jangan menaruh laptop di tempat yg panas
panas yg berlebihan dapat merusak komponen laptop. jangan sekali2 menaruhnya di tempat yg panas seperti meninggalkan di mobil dg tempat parkir yg panas.

4. Jangan menaruh laptop di permukaan yg terlalu empuk
permukaan yg empuk seperti batal atau kasur dpt menghambat udara panas dari laptop u/ keluar. jika udara panas ini tdk bisa keluar krn terhambat atau tertutup kasur, laptop akan menjadi terlalu panas (overheating).

5. Jangan menaruh laptop di lantai
Jika menaruhnya di lantai, selain cepat kotor oleh debu, resiko terinjak juga sangat besar. anak kecil atau binatang peliharaan anda bisa saja merusak bagian2 tertentu dr laptop.

6. Jangan menaruh benda apapun di antara keyboard dan layar laptop
Mulai sekarang, coba hilangkan kebiasaan meletakkan kertas atau benda lain di atas keyboard laptop. krn resiko layar tergores menjadi besar.

7. Jangan menaruh beban berat di atas laptop
Menaruh buku yg berat di atas laptop dapat menyebabkan kerusakan pada layar LCD secara permanen. Hindari menaruh buku atau barang lain yg memberikan tekanan pd laptop.

8. Jangan membiasakn membawa/memindahkan laptop dg kondisi hidup
Mungkin awalnya tdk apa2, tetapi guncangan akibat terlalu sering memindahkan laptop dg kondisi menyala dapat menyebabkan kerusakan harddisk. Guncangan membuat head harddisk memiliki kemungkinan menggores cylinder harddisk.

9. Jangan membawa laptop di dalam tas yg penuh berisi barang2
Laptop yg terkena tekanan memperbesar peluang tergoresnya badan laptop dan rusaknya layar LCD.

10. Jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang
Laptop sifatnya personal. dg alasan keamanan data, jangan meminjamkan laptop ke sembarang orang.

11. Jangan bongkar laptop tanpa pengetahuan yg cukup
Jika laptop masih bergaransi lebih baik dibawa ke tempat servis resminya.

12. Matikan laptop dengan cara yg benar
Jangan biasakan mematikan laptop dg paksa seperti melepaskan baterai atau menekan tombol power. Bila hal ini terjadi bisa sebabkan kerusakan pd harddisk. Biasakan mematikan laptop dg shutdown.

13. Bersihkan keyboard secara berkala
Bersihkan dg rutin dg menyemprotkan udara di sela-sela tombol. jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dg keras.

14. Bersihkan layar LCD secara berkala
Bersihkan LCD dg menggunakan kain yg dpat dibeli di toko komputer. lap dg pelan satu arah, dan lakukan jgn terlalu keras, jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung pada layar laptop. jika menggunakan cairan pembersih usahakan sama dengan cairan pembersih kamera digital.

15. Mengantisipasi tersambar petir
Pada saat banyak petir saat menggunakan laptop, waspadalah dg mencabut/melepas semua yg terhubung dg laptop. lepas kabel telepon yg terhubung ke modem saat berinternet melalui jaringan LAN.

16. Berhati-hatilah pada saat membuka dan menutup layar laptop
Antara layar LCD dg badan laptop terdapat engsel yg berfungsi agar LCD dpt bergerak bebas sesuai kemiringan yg kita inginkan. pada saat membuka dan menutup LCD, jangan menghentak terlalu keras yg dapat menyebabkan engsel patah.

17. Lepas baterai jika lama tidak digunakan
Jika berencana menyimpan laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya lepaskan baterai dari laptop. hal ini dapat membuat baterai lebih awet.

Artikel Terkait



Comments :

3 komentar to “Tips Cara Merawat Laptop / Notebook Supaya Awet”
arvianata mengatakan...
on 

sip dah artikelnyua lengkap....

cara merawat laptop mengatakan...
on 

tambahan gan. usahakan pake cooling pad biar suhu laptop gak terlalu panas. Tapi jangan asal cooling pad. Cooling pad yang baik ntu harus ngambil listrik dari sumber listrik, bukan ngambil dari laptop.

kedua, cooling pad yang bagus ntuh yang merk 'cooler master' karna ada penyaring debunya. Jadi debu yang tertarik kipas akan tersangkut dan tidak jadi masuk ke daleman laptop. Karena bagian bawah laptop itu tempat mengambil udara yang akan bersirkulasi kedalam laptop, lalu dikerluarkan melalui fan laptop. Gitu aja cara merawat laptop dari ane. Moga manfaat buat yang mbaca

mysha mengatakan...
on 

nice article, gan..

ane suka ga sengaja naro hp/bb deket lappy soale sekalian ngecharge

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
Jalani hidup ini apa adanya saja Lah,,gag usah ribed",,hhe but hAsilkan yang terbaik,, yudhi_XIII

Komentar Sahabat...