Mahasiswi UGM Temukan Vaksin Flu Burung Dari Buah Mahkota Dewa

Artina Prastiwi (22) mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menemukan vaksin penghambat virus H5N1 (flu burung) dalam tubuh unggas. Vaksin yang ditemukan mahasiswi asal Nglipar, Gunungkidul ini berasal dari ekstrak buah Mahkota Dewa yang banyak terdapat di seluruh pelosok Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Berkat penemuannya, mahasiswi tingkat akhir UGM ini meraih dua predikat sekaligus dana dalam lomba penelitia yang dilakukan Masyarakat Ilmuwan dan Tehnologi Indonesia (MIPI) di Bogor, akhir Januari 2011 lalu. Dua predikat tersebut adalah juara satu lomba penelitian dan karya penelitian terbaik.

"Tumbuhan Mahkota Dewa banyak terdapat di berbagai wilayah di DIY, bahkan melimpah. Selama ini vaksin flu burung semuanya berbahan kimia. Selain mahal, itu juga berdampak buruk pada unggas yang divaksin, sehingga saya berupaya menciptakan temuan vaksin dari bahan herbal," paparnya saaat berbincang di UGM, Kamis (3/3).

Menurutnya, ekstrak buah Mahkota Dewa mengandung senyawa saponin yang berfungsi untuk menghambat perkembangan virus flu burung. Senyawa ini dalam dosis yang tepat bisa menghambat virus mencapai 87 persen. "Melalui beberapakali penelitian, akhirnya saya temukan dosis yang tepat untuk menghambat virus tersebut secara efektif dalam diri unggas," tandasnya.

Kadar saponin yang dibutuhkan untuk menghambat perkembangan virus tersebut adalah 10 miugram/mililiter (ml). Vaksin yang digunakan untuk disuntikkan ke unggas sendiri hanya 0,2 ml.

-yahoo news-

Artikel Terkait



Comments :

7 komentar to “Mahasiswi UGM Temukan Vaksin Flu Burung Dari Buah Mahkota Dewa”
dating sites mengatakan...
on 

Menikmati masa dan usaha anda masukkan ke dalam blog anda dan maklumat yang anda tawarkan! Saya akan bookmark blog anda dan rakan-rakan saya semak di sini sering. Benar-benar suka imej-imej yang dipaparkan di sini. Thumbs up!

online dating mengatakan...
on 

Konsep anda mudah untuk memahami bahawa saya tertanya-tanya mengapa saya sama sekali tidak melihat sebelum. Gembira mengetahui bahawa ada seorang blogger di luar sana yang pasti memahami apa yang dia membincangkan. Kerja yang hebat.

Gatoloco Mbelgedes mengatakan...
on 

Ternyata mahkota dewa memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

hahaha mengatakan...
on 

SUKA KALAH JUDI ?
SUDAH TIDAK JAMAN NYA LAGI
AYO GABUNG SEKARANG JUGA
KAMI HADIR DENGAN INOVASI TERBARU DAN TERCANGGIH

POKER - DOMINO - CAPSA - CEME
Dengan Jackpot yang berlimpah
Dan Mudah menang nya setiap hari (PIN BBM : 7AC8D76B)

Miliana mengatakan...
on 

hebat sekali bisa menemukan vaksin dari buah

berita politik terkini

Angel Tan mengatakan...
on 

Sangat mengedukasi artikelnya min.. Baguss... Ditunggu Artikel terbarunya ya :)

Salam dari blog pemain ayam - pemainayam.club

youtubecomactivate mengatakan...
on 

Amazing idea.
We have to know the methods you can easy way to Activate YouTube doing YouTube.com/activate. If you are facing issues with YouTube, like how to connect YouTube on your TV, mobile or other devices contact us. Google has provided us the enjoyment, and by YouTube activate, you watch here latest videos, songs, or web series, etc.

Posting Komentar

 

About Me

Foto saya
Jalani hidup ini apa adanya saja Lah,,gag usah ribed",,hhe but hAsilkan yang terbaik,, yudhi_XIII

Komentar Sahabat...